Kanopi Baja Ringan, TEPAT !

Apa Itu Baja Ringan

Baja Ringan Kanal C dan Reng
Baja Ringan Kanal C dan Reng

Kanopi Baja Ringan – Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang mempunyai sifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional. Baja ringan sendiri dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut. Selain itu kontruksi juga harus menyesuaikan dengan fungsi penggunaan baja ringan itu sendiri, misalnya untuk pembuatan kanopi baja ringan. Tetapi para pembaca jangan salah, walaupun lebih ringan,justru itu yang menjadi kelebihannya. Dan walaupun kesannya lebih tipis dari baja berat,tapi dengan perhitungan kontruksi yang benar,kekuatanya bisa melebihi kekuatan baja berat dalam penggunaan jangka panjang.

Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringan dapat dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Untuk fungsi non structural seperti penutup atap diguanakan baja ringan kualitas G300.

Bagaimana dengan ketebalan baja ringan? Dipasaran umum ketebalan yang sering di gunakan untuk kontruksi kanopi baja ringan adalah 0.75mm. Ketebalan ini ditentukan atas dasar fungsi , sebarapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibandimg dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi beban strukutur bangunan.

Sedangkan untuk kuda-kuda atap baja ringan , ketebalan yg sering di gunakan antara 0,75 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 -2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,25 mm – 0.30 mm karena bisa dikatakan tidak memikul beban dengan ketebalan tersebut sudah cukup memadai.

Kelebihan Kanopi Baja Ringan

  • Aplikasi sangat mudah dan cepat dan langsung bisa di kerjakan
  • Berbahan anti karat sehingga aman untuk jangka panjang
  • Anti rayap
  • Lebih Ekonomis dari baja konvensional
  • Kanopi baja ringan memiliki sifat non – combustible (tidak bisa membesarkan api ketika terjadi kebakaran)
  • Kanopi baja ringan tidak memuai dan menyusut

Nah, sudahkan anda mempercantik tampilan rumah anda dengan kanopi baja ringan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *